PKMU
2
Oleh : Nur Muhammad
Jakarta,
BEM Universitas Negeri Jakarta - BEM UNJ menggelar pelatihan kepemimpinan
mahasiswa tingkat Universitas yang bertemakan "LEADING THE CHANGE"
Jum’at pagi kami berkumpul di satu titik yaitu St. Jakarta kota untuk membeli
tiket dengan tujuan Kerawang. Waktu kedatangan kereta adalah pukul 10.15 saya
sendiri menunggu anggota kelompok 7 satu demi satu mereka telah datang, namun
hanya satu yang belum datang. Dengan izin allah dan dengan kereta yang sudah
berbunyi sirine menandakan berangkat akhirnya tepat pukul 10.15 ichsan tiba di
St. Dengan perjalanan yang cukup melelahkan dan memakan waktu yag cukup klama
akhirnya peserta PKMU tiba di St. kerawang dan untuk peserta lelakinya menuju
masjid untuk melaksanakan sholat jum’at. Setelah selesai semua kami segera
menuju angkot yang sudah disewa oleh panitia untuk ke tempat homestay yaitu
pesisir pantai pisangan kelurahan cemara jaya. Kami mendapatkan homestay dengan
keluarga yang baik dan berprofesi sebagai tukang nasi uduk dan buruh. Suatu
informasi yang dihargai atau ketepatan waktu dan relevasinya. Intelijen :
kegiatan mengumpulkan informasi atau data yang ditujukan bagi kepentingan pihak
pengambil keputusan. Dalam menentukan pilihan yang bersifat rahasia. Berikut
materi –materi PKMU 2.
Materi 1 : Kontra Intelijen
Tempat : Pesisir pantai, Kel. Cemara Jaya Kab. Kerawang
Pemateri : Abdul Azis
Moderator : Afif
Waktu : Jum’at 1 Mei 2015
Tempat : Pesisir pantai, Kel. Cemara Jaya Kab. Kerawang
Pemateri : Abdul Azis
Moderator : Afif
Waktu : Jum’at 1 Mei 2015
Kontra
intelijen : usaha nasional untuk mencegah badan – badan intelijen asing dan
gerakan politik yang di kendalikan kekuatan serta kelompok asing yang sering
kali di dukung oleh badan intelijen lainnya agar tidak melakukan infiltrasi ke
dalam lembaga negara, struktur, angkatan bersenjata dan anggota sipil didalam
maupun luar negeri melalui kegiatan spionase, subversi dan sabotase kebalikan
dari intelijen. Kontra intelijen bertujuan mencegah pihak lawan untuk mengambil
atau mendapatkan informasi. Kontra intelijen memiliki tiga peran play viction
yaitu korban permainan bukan korban sesungguhnya, orang dibuat seperti korban
dan terkesan seperti menjadi pahlawan.
Materi 2 : Public Relation
Tempat : Pesisir pantai, Kel. Cemara Jaya Kab. Kerawang
Pemateri : Akmal Dicky
moderator : Rizki Fajrianto
Tempat : Pesisir pantai, Kel. Cemara Jaya Kab. Kerawang
Pemateri : Akmal Dicky
moderator : Rizki Fajrianto
Oleh : Nur Muhammad
Public relation adalah proses interaksi dimana public
relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah
pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik,
bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan
citra yang baik dari publiknya.
Tujuan utama dari public relation adalah mempengaruhi
perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui
dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting
terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan. Public
Relation itu fungsional dan bisa mengetahui kebijakan umum dan mengetahui
informasi di masyarakat. Sedangkan Hubungan
masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktek mengelola penyebaran
informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi
atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik
kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. Tujuan
dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat,
investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk
mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk,
atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi,
memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi
karyawan.
Sebagai
sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi,
mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakatakan
sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Hubungan
Masyarakat : lebih struktural dan humas itu bagian dari public relation. Personal
Branding adalah suatu proses menciptakan sebuah identitas pribadi yang
dikaitkan dengan persepsi, emosi, dan perasaan tertentu terhadap identitas
tersebut.
Disana
kami ditugaskan untuk melakukan pengabdian masyarakat yaitu mengajar warga
sekitar dan membersihkan sampah sekitar lingkungan pesisir pantai. Itu adalah
pengalaman pertama bagi saya pengalaman yang takkan terlupakan. Acara pkmu 2
itu memberikan cerita yang tak terhilangkan bagaimana kita menjadi sosok
seorang pemimpin. Terutama bagi saya di amanahkan sebagai ketua kelompok
sekaligus ketua keluarga. Mengajarkan saya menjadi seorang kepala keluarga. Terima
kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar